Kearifan Lokal

24 Agustus 2016 14:14:59

Administrator

144 Kali dibaca

Kearifan lokal masyarakat Desa Pulau Limbung kecenderungannya sama dengan tradisi masyarakat melayu pada umumnya. Salah satu contoh tradisi melayu yang masih saat ini melekat seperti adanya pantangan bekerja pada tanggal 1 Muharram (tahun baru Islam) dan peringatan robo-robo. Robo-robo adalah tradisi tahunan yang dilaksanakan pada hari rabu di akhir bulan safar kalendar hijriyah.

Peringatan robo-robo berisikan acara doa bersama kemudian menyantap hidangan yang dilakukan di jalan oleh masyarakat Desa Pulau Limbung. Disini warga saling bisa mencicipi makanan dari warga lainnya tanpa ada batasan dan perbedaan. Yang tidak kalah menariknya di masyarakat pulau limbung mengenal tradisi apabila ada warga yang meninggal, secara bersamaan tidak melakukan kegiatan berkerja di perusahaan, sebagai penghormatan kepada keluarga yang meninggal.

Berkenaan dengan kearifan lokal lain dalam pemanfaatan lahan, warga Desa Pulau Limbung sering melakukan gotong royong menanam padi saat musim tanam tiba. Lebih dari 20 warga kadang turut dalam melakukan kegiatan ini. Sebelum penanaman padi dilakukan, warga terlebih dahulu melakukan doa bersama agar dijauhkan dari segala macam bentuk gangguan dalam usaha pertaniannya.

Bentuk gotong royong ini ditujukan agar petani dalam  mengusahakan tanaman padinya tidak terlalu lama dalam melakukan proses penanaman. Apabila selesai satu lahan telah ditanami, maka bergantian ke lahan petani yang lain begitu seterusnya.

Tari Makyong

Kesenian Tradisional yang ada di desa pulau limbung dari dulu memang sudah ada dan sekarang sudah tidak ada sama sekali namun akan di lestarikan kembali adalah yaitu, Tarian makyong memiliki keunikan tersendiri yaitu konon barang siapa yang mendapatkan sapu tangan makyong ia dipersilahkan menari bersama makyong

Hadrah

Terdapat kesenian melayu lainya seperti hadrah (rebana) di Desa Pulau Limbung. Grup hadrah ini beranggotakan empat orang. Grup hadrah ini sering mengisi agenda acara dalam pesta pernikahan dalam hal arak-arakan pengantin pria. Kemudian, biasanya dalam penyambutan tamutamu penting atau pejabat yang berkunjung ke Desa Pulau Limbung

Grup Musik

Terdapat grup musik bernama Pesona 13 yang dibentuk sejak tahun 2013, kemudian pada tahun 2016 berganti nama menjadi Mitra 2016. Grup musik Mitra 2016 merupakan sarana hiburan bagi masyarakat Desa Pulau Limbung dan sekitarnya. Grup musik ini lebih sering mengisi agenda-agenda dalam pesta pernikahan, pesta HUT kemerdekaan RI dan acara-acara lain yang menggunakan hiburan musik. 

Personil dari grup musik mitra 16 ini seluruhnya adalah warga Desa Pulau Limbung. Namun, tidak dipungkiri grup ini juga dapat menghadirkan penyanyi-penyanyi dari Ibu Kota Provinsi untuk datang menghibur masyarakat apabila diperlukan. Dalam setiap tampilnya Mitra 16 masyarakat sangat antusias untuk menonton bahkan banyak juga yang ikut bergoyang bersama para penyanyinya.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Peta Desa

Statistik

Agenda

Untuk sementara belum ada Data Agenda yang dapat ditampilkan

Libur Lebaran 2022
Waktu:09 April 2020 05:59:18
Lokasi:Ruang rapat
Koordinator:

Sinergi Program

Kubu Raya
Siskeudes Kubu Raya
Sikades Kubu Raya
SDGS
Sistem Informasi Desa Dan Kelurahan
Epdes

Galeri

Aparatur Desa

Back Next

Komentar

Pak Kades

14 September 2016 06:09:16

Website ini kami hadirkan sebagai media informasi Pemerintahan... selengkapnya

Media Sosial

Peta Wilayah Desa

RT / RW

vendor/themes/esensi/widgets/aparatur_desa.php